Bandar Lampung, rakyatpembaruan.com— Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) melalui Sales Area Lampung menggelar pelatihan komprehensif bagi seluruh SPBU di Provinsi Lampung, Selasa (18/11). Kegiatan ini menghadirkan materi strategi seperti Standar New Pasti Pas, EV Ecosystem, Bisnis Non Fuel, serta Commercial Product.
Pelatihan ini diikuti oleh 200 SPBU se-Provinsi Lampung dengan narasumber dari Pertamina Patra Niaga juga hadir untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai standar operasional dan potensi bisnis yang dapat dikembangkan oleh SPBU. Selain peningkatan kapasitas layanan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengingatkan kembali seluruh SPBU akan pentingnya penerapan tata kelola bisnis yang baik, sehingga fungsi, tugas, dan peran SPBU sebagai lembaga penyalur maupun pengelola dapat dijalankan melalui akuntabel, transparan, dan sesuai ketentuan yang berlaku.
Sales Area Manager Pertamina Patra Niaga Area Lampung, Bima Kusuma Aji, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya strategi untuk memastikan seluruh SPBU di Lampung mampu memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.
“Pelatihan ini kami rancang lengkap agar seluruh Pengusaha SPBU memahami standar layanan terbaru, memiliki wawasan tentang ekosistem kendaraan listrik yang sedang berkembang di Indonesia, serta mampu mengembangkan potensi bisnis produk non bahan bakar dan komersial. Harapannya, standar layanan di seluruh SPBU Lampung semakin meningkat dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat,” jelas Bima.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Rusminto Wahyudi, menegaskan bahwa peningkatan kompetensi SPBU adalah komitmen berkelanjutan Pertamina dalam menghadirkan pelayanan terbaik.
“Pertamina Patra Niaga terus berupaya meningkatkan kualitas layanan di seluruh lembaga penyalur. Pelatihan seperti ini menjadi bagian dari langkah kami memastikan SPBU siap menghadapi dinamika industri, termasuk perkembangan ekosistem kendaraan listrik dan peluang bisnis non BBM. Kami ingin masyarakat merasa aman, nyaman, dan semakin percaya pada layanan SPBU Pertamina,” ungkap Rusminto.
Para peserta menunjukkan antusiasme yang tinggi selama kegiatan berlangsung. Sesi diskusi interaktif dan tanya jawab berlangsung dinamis, menandakan komitmen yang kuat dari para pengelola SPBU dalam meningkatkan pelayanan bersama di wilayah Lampung.
Sebagai perusahaan yang ditugaskan untuk memastikan ketersediaan energi nasional, Pertamina Patra Niaga berkomitmen menjaga distribusi BBM dan LPG agar tetap lancar, aman, dan tepat sasaran. Pertamina juga menyediakan berbagai produk berkualitas seperti Pertamax Series, Dex Series, LPG Bright Gas, hingga layanan tambahan di SPBU melalui bisnis nonfuel untuk menambah kenyamanan konsumen. Pertamina terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi, termasuk mendukung transisi energi melalui pengembangan ekosistem kendaraan listrik.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan, produk, maupun pengaduan masyarakat, Pertamina menyediakan Pertamina Contact Center 135.